Kamis, 05 Mei 2016

cara membuat lapis legit

Cara Mudah Membuat Resep Lapis Legit Spesial Yang Enak. Masih ingat dengan kue satu ini yang teksturnya lembut dan warnanya cantik? Ya, Kue lapis legit atau biasa dikenal juga dengan nama Spekkoek dalam bahasa Belanda memang sangat populer di tahun 90 an. Walaupun kelihatannya mungkin agak ketinggalan jaman, tetapi kalau masalah rasa kue satu ini tidak kalah dibandingkan dengan kue lapis modern yang lain. Salah satu yang membuat bolu lapis ini tidak terlalu populer saat ini adalah harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis kue lain. Mungkin ini dikarenakan cara membuat lapis legit recipe yang sedikit susah dibandingkan dengan kue jenis lain. Selain itu untuk membuat Resep Kue Lapis Legit juga membutuhkan bahan yang cukup banyak, terutama untuk kuning telurnya.
Kue Lapis Legit Resepi ini memang spesial, tidak hanya dari rasanya tetapi juga cara membuatnya. Tidak seperti jenis resep kue yang lain yang biasanya tidak terlalu banyak memerlukan bahan telur sebagai adonanannya, Resep Lapis Legit yang Enak memerlukan lebih banyak bahan telur yang masih segar (tandanya kuning telurnya bentuknya masih bulat dan putih telurnya kental) dibandingkan dengan jenis kue yang lain. Tetapi tidak semua bagian telur yang dipergunakan, biasanya hanya bagian kuning telurnya saja atau ada juga Resep Kue Lapis Legit Putih Telur yang membutuhkan bagian putih telurnya saja yang cukup banyak. Untuk proses pemanggangan harus dipastikan oven sudah benar benar panas sebelum adonannya dimasukkan. Tentu saja komposisi bahan yang dipergunakan juga harus benar benar pas timbangannya.Selain itu untuk mebuat Resep Lapis Legit yang enak, kita juga memerlukan bumbu khusus yang dinamakan bumbu spekuk yang berisi campuran bahan kayu manis, bunga pala, cengkih dan kapulaga.
Cara membuat lapis legit memang bisa dibilang gampang gampang susah. Buat beberapa orang yang tidak biasa membuat kue mungkin biasanya memang gagal dalam proses membuat kue lapis legit ini. Biasanya sih kue lapisnya kalau enggak kekerasan teksturnya atau over baked ya paling kelembekkan sehingga melted gak karuan bentuknya. Tetapi kalau teman teman benar benar mengikut langkah langkah dan menggunakan bahan Resep Lapis Legit yang akan kita berikan dibawah, insyaAllah pasti jadi dan bentuknya cantik seperti lapis legit resep lain yang biasa kita temukan di toko roti.Resep Lapis Legit Enak
Resep Lapis Legit Yang Enak dan Mudah

Bahan bahan Resep Lapis Legit Spesial Enak

  1. Seperti resep kue lapis lainnya, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang sebanyak 60 gram saja. Ayak dan saring tepung terigu sampai benar benar halus dan tidak ada yang mengumpal.
  2. Kuning Telur ayam yang masih segar kurang lebih sebanyak 30 butir supaya warnanya cantik dan teksturnya nanti lembut.
  3. Putih telur ayam yang masih segar kurang lebih sebanyak 4 butir saja.
  4. Gula pasir bubuk atau halus untuk memberikan cita rasa manis kurang lebih sebanyak 300 gram saja. Gunakan gula halus yang kualitasnya bagus.
  5. Tepung maizena kualitas bagus kurang lebih sebanyak 30 gram saja.
  6. Bumbu spekuk khusus untuk membuat Resep Kue Lapis Legit kualitas bagus kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.
  7. Cake Emulsifer untuk melembutkan tekstur kuenya kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.
  8. Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 400 gram. Kocok mentega sendiri terlebih dahulu sampai mengembang supaya tekstur hasil jadinya nanti bagus dan tidak melted (jangan terlalu lama, cukup sampai mengembang saja supaya mentega tidak meleleh. Jauhkan mentega dari tempat yang panas supaya tidak meleleh).
  9. Susu bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 20 gram saja.

Cara Membuat Lapis Legit Yang Mudah dan Benar

  1. Langkah pertama adalah siapkan wadah ukuran sedang besar untuk membuat adonan utamanya.
  2. Masukkan 30 butir kuning telur, gula pasir halus yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan putih telurnya.
  3. Kocok ketiga bahan tersebut sampai tercampur sempurna dan lembut.
  4. Masukkan satu sendok kecil cake emulsifernya ke dalam wadah adonan diatas lalu kocok lagi sampai benar benar mengembang.
  5. Masukkan tepung terigu protein rendah yang sudah di ayak sebelumnya, susu bubuk, bumbu spekuk satu sendok kecil dan tepung maizenanya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur sempurna, rata dan tidak ada gumpalan gumpalan. Untuk mengaduknya cukup menggunakan spatula atau alat lain, tidak perlu di mixer lagi.
  6. Masukkan mentega yang sudah dikocok sebelumnya ke dalam wadah adonan utama diatas. Cara memasukkan jangan dituang sekaligus, ambil sepertiga bagian lalu aduk aduk sampai tercampur sempurna. Ulangi lagi sampai kocokan menteganya habis dan tercampur sempurna dengan adonan lain dan tidak ada gumpalan gumpalan di adonannya.
  7. Panaskan oven dan tunggu sampai benar benar panas sebelum memasukkan loyangnya.
  8. Siapkan loyang yang akan dipakai dan beri kertas roti di bagian bawahnya lalu olesi lagi dengan sedikit margarin supaya tidak lengket. Tuang sedikit adonan untuk lapisan pertamanya lalu ratakan (jangan terlalu banyak supaya tidak terlalu tebal, tetapi juga jangan terlalu sedikit, kira kira sekitar 50-60 gram saja).
  9. Masukkan ke dalam oven yang sudah panas dan panngan dengan api bawah sampai berwarna agak kecoklatan.
  10. Setelah berwarna kecoklatan, tuang adonan lagi diatas loyangnya lalu masukkan lagi dan panggang dengan api atas hingga berwarna kecoklatan.
  11. Masukkan lagi adonan (kurang lebih sebanyak adonan pertama dan kedua) lalu tekan sedikit supaya rata dengan penekan khusus atau bisa juga memakai bawah loyang yang ukurannya lebih kecil (olesi terlebih dahulu dengan mentega atau butter bagian bawah penekannya supaya tidak lengket).
  12. Panggang lagi dengan api atas sampai berwarna agak kecoklatan (kurang lebih sekitar 5 menit saja supaya warnanya cantik).
  13. Ulangi sampai semua adonan habis lalu terakhir panggang lagi kurang lebih selama 15 menit sampai resep kue lapis legitnya benar benar matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar