Minggu, 22 November 2015

cara menghilangkan Noda Tinta pada Pakaian Meman Sehari-Hari : risma

Cara menghilangkan noda tinta pada pakaian
Sengaja atau tidak sengaja, tinta pulpen atau spidol bisa mengenai pakaian sekolah anak-anak dan meninggalkan noda di sana. Banyak orang beranggapan bahwa noda tinta sulit atau bahkan tidak mungkin dihilangkan. Namun dengan kiat-kiat dari Rinso, Ibu tidak perlu berputus asa atau terburu-buru membuang baju seragam sekolah yang sebenarnya masih bisa diselamatkan dengan cara menghilangkan noda tinta pada baju secara benar.

Dasar-Dasar Cara Menghilangkan Noda Tinta Pulpen dan Spidol

Ketika Ibu menjumpai noda tinta pulpen atau spidol di baju, Ibu sebaiknya segera mengambil langkah-langkah untuk menyelamatkan baju tersebut. Beberapa prinsip penting berikut ini bisa menentukan nasib baju yang terkena noda tinta tersebut.
  • Segera tangani. Jangan menunda menangani noda tinta karena semakin cepat ditangani maka semakin mudah pula noda tersebut dihilangkan, demikian juga sebaliknya.
  • Hindari noda tersebar. Ibu pasti tidak ingin noda menjadi menyebar ke area yang lebih luas atau mengenai pakaian yang lain. Pisahkan baju ini dari tumpukan cucian kotor. Untuk mencegah noda tinta menembus ke lapisan kain di bawahnya, gunakan satu atau dua lembar kain lap sebagai alas lapisan kain yang bernoda. Kain lap ini sekaligus berfungsi menyerap kelebihan tinta.
  • Jauhkan dari sumber panas. Untuk memperlambat proses pengeringan dan penyerapan noda lebih jauh ke serat-serat kain, hindarkan baju yang bernoda dari panas, misalnya mesin pengering pakaian, air panas, dan sinar matahari.
Jika perlengkapan untuk menghilangkan noda tinta tidak tersedia di sekitar Ibu, untuk sementara Ibu bisa membubuhkan deterjen cair di atas noda. Deterjen ini nanti akan diperlukan lagi untuk mencuci baju setelah noda hilang. Sementara itu, persiapkan bahan-bahan penghilang noda tinta yang diperlukan. Bilas kain untuk melunturkan deterjen sebelum memakai bahan-bahan pembersih noda tinta.

Cara Menghilangkan Noda Tinta pada Pakaian Memanfaatkan Bahan Sehari-Hari

Ibu bisa menemukan bahan-bahan pembersih noda tinta di kulkas, lemari obat, kamar mandi, sampai meja rias. Sebelum memilih salah satu bahan berikut dan memakainya secara menyeluruh, Ibu perlu membaca petunjuk perawatan yang tercantum pada label pakaian dan mencobanya di bagian kecil dan tersembunyi pada baju terlebih dulu.
  • Susu. Sebagai cara menghilangkan noda tinta pada baju berwarna, manfaatkan susu cair putih untuk merendam bagian yang terkena noda selama beberapa jam.
  • Pasta gigi. Oleskan pasta gigi yang bukan berbentuk gel bening pada noda, tepuk-tepuk dengan jari, lalu bilas dengan air.
  • Alkohol. Manfaatkan alkohol untuk merendam bagian kain yang bernoda selama beberapa menit untuk membantu melonggarkan partikel-partikel tinta yang menempel pada serat-serat kain.
  • Hairspray*. Pilihlah hairspray dalam kemasan aerosol semprot. Semprotkan sedikit hairspray pada area yang bernoda. Semakin murah, hairspray mengandung semakin banyak alkohol sehingga lebih ampuh dalam hal ini.
  • Hand sanitizer*. Kandungan gliserol dan alkohol di dalam hand sanitizer efektif membantu mengangkat noda tinta. Oleskan memakai sikat gigi bekas secara pelan-pelan tanpa memperluas area noda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar